CRM dapat Membantu Bisnis anda
Dalam setiap bisnis ingin meningkatkan dan memaksimalkan pekerjaannya.
Salah satu aturan utama pada semua perusahaan adalah manajemen pelanggan, tetapi dapatkah anda mengidentifikasi pelanggar kesepakatan?
Akan lebih baik untuk memiliki wawasan yang jelas tentang pelanggan potensial anda?
Saat ini ada beberapa cara untuk melacak pelanggan anda, seperti melacak interaksi dengan prospek dan merencanakan tugas di masa mendatang.
Menjadwalkan keterlibatan melalui kalender online, mengelola prospek dan hubungan klien, dan menyederhanakan prospek dan klien melalui filter, dan lain-lain.
CRM benar-benar dapat membangun hubungan yang matang dengan pelanggan anda dengan menyelaraskan aktivitas penjualan, pemasaran, dan pelanggan anda.
Maka sekarang mari kita pahami apa yang dapat dilakukan untuk bisnis anda.
- Dengan perangkat lunak CRM, anda dapat mengatur pelacakan klien yang akan meningkatkan hubungan proses bisnis anda.
- Anda dapat melampaui dukungan pelanggan terbaik.
Anda dapat menyelaraskan penjualan dan manajemen anda dan melacak kemajuan kapan saja sepanjang hari.
- Hal ini akan meningkatkan penjualan dan memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan secara keseluruhan.
- Dengan ini juga dapat melacak interaksi pelanggan dan mengunggah setiap informasi pelanggan secara individual atau bersamaan.
- Lalu, anda dapat menentukan dan memisahkan klien potensial dan klien bernilai tinggi melalui komunikasi yang solid dan kampanye yang dibuat dengan baik.
Jenis CRM
1. CRM Operasional
CRM semacam itu membantu Anda menghasilkan prospek, mengubahnya menjadi prospek, dan memberikan layanan yang lebih baik.
Terdapat 3 arah untuk mengoperasikan alat ini.
- Pertama, Otomatisasi pemasaran, ini membantu mengotomatiskan aktivitas pemasaran seperti mendistribusikan konten, menghubungi prospek, dan menyediakan analisis kampanye.
- Kedua, Otomatisasi penjualan, jenis ini menawarkan fitur untuk merampingkan proses penjualan seperti manajemen prospek, pembuatan email, dan pendataan untuk menjangkau pelanggan potensial.
- Terakhir, Otomatisasi layanan, dengan alat ini membantu anda memberikan layanan pelanggan yang akan menghasilkan pengalaman positif.
Maka, Anda dapat menggunakannya sebagai penjualan, pemasaran, dan layanan.
2. CRM Analitik
CRM analitik membantu anda memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan anda berdasarkan pengumpulan data dan analitik.
Alat ini digunakan untuk mengumpulkan data, meningkatkan proses penjualan, dan tingkat dukungan pelanggan anda.
Dalam analitik terdapat 3 komponen yang harus diketahui.
- Penambangan data, ini adalah analisis data besar yang ditujukan untuk menghasilkan tren yang relevan dengan minat pelanggan Anda.
- Penyimpanan data, dalam analitik berisi gudang data, database yang menyimpan semua informasi di satu tempat, menyederhanakan ekstraksi data dan analisis data pelanggan.
- Alat pemrosesan analitik online, ini dapat membantu Anda menganalisis data pelanggan secara komprehensif dari berbagai perspektif.
3. CRM Kolaboratif
CRM kolaboratif ditujukan untuk menyelaraskan proses penjualan dan layanan pelanggan dengan memungkinkan tim yang berbeda dari perusahaan untuk berbagi informas pelanggan.
Pada kolaboratif terdapat dua komponen yang harus diketahui.
- Manajemen interaksi, pada proses ini melibatkan pelacakan semua kemungkinan interaksi bisnis anda dengan pelanggan anda melalui email, panggilan telepon, media sosial. ataupun komunikasi lainnya.
- Ada juga Manajemen saluran, pada proses ini bertujuan untuk menganalisis interaksi melalui saluran yang berbeda dan menentukan mana yang paling cocok untuk klien anda.
4. CRM Manajemen Kampanye
CRM manajemen kampanye adalah semacam campuran dari operasional dan analitik.
Ini akan membantu anda mengatur dan mengelola beberapa proses seperti perencanaan, pelacakan, dan analisis kampanye.
Sering kali memberikan solusi terintegrasikan yang memungkinkan anda melacak kinerjanya dan cara prospek berinteraksi dengan perusahaan anda.
Sementara untuk alatnya membuat upaya anda lebih bertarget dan dipersonalisasi.
5. CRM Strategis
CRM yang berpusat pada pelanggan ini mengumpulkan, mengatur, dan menerapkan informasi tentang pelanggan dan tren pasar dengan tujuan memberikan proposisi nilai yang lebih baik untuk anda
Jenis ini tidak hanya memberi anda wawasan secara langsung, tetapi juga berfokus pada cara anda berinteraksi dengan pelanggan dalam perspektif yang panjang.
Maka, ini akan cocok untuk anda jika tertarik pada hubungan jangka panjang dengan pelanggan daripada penjualan cepat.
Tingkatkan Layanan Pelanggan dan Dukungan Pelanggan
Sistem CRM
Sistem CRM memudahkan dukungan pelanggan atau tim sukses pelanggan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan memecahkan masalah mereka secara efisien.
Ini karena perangkat lunak ini menyimpan semua detail dari setiap interaksi pelanggan dalam database, di mana perwakilan yang berbicara dengan pelanggan dapat mengaksesnya selama panggilan dukungan.
Dengan mengetahui semua luar dalam setiap kasus tertentu, mereka dapat menawarkan perbaikan cepat dengan segera.
Perangkat lunak CRM
Perangkat lunak CRM juga membantu perwakilan dukungan pelanggan bereaksi terhadap permintaan lebih cepat.
Anda dapat mengatur pemberitahuan otomatis dan penetapan tugas secara round-robin, berdasarkan peristiwa pemicu, memulai proses dengan segera.
Dan terakhir, ini juga aktivitas orientasi anda lebih efisien. Jika sistem anda mendukung pemasaran email, anda dapat mengatur urutan email orientasi dan mengirimkannya ke pengguna baru.
CRM membantu mencapai kualitas komunikasi yang lebih tinggi dengan pelanggan, menghasilkan penawaran yang dipersonalisasi dengan lebih baik, dan layanan pelanggan yang lebih baik.
Semua ini akan membantu meningkatkan kesenangan pelanggan dan meminimalkan churn customer.
Dengan ini juga akan menstandarkan perjalanan pelanggan untuk setiap prospek yang memasuki jalur penjualan anda, mengotomatiskan panggilan penilaian, dan mengotomatiskan pembaruan langgan.
Perangkat lunak CRM membantu membangun dan memelihara hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.
Siapa yang dapat menggunakan CRM?
- Pertama, Tim penjualan menggunakan perangkat lunak CRM untuk membangun dan mengelola jalur penjualan, memenuhi syarat prospek, dan memperkirakan yang akan dating.
- Kedua, Tim pemasaran menggunakan perangkat lunak CRM untuk menganggotakan audiens mereka dan menjalankan kampanye hasil personalisasi yang lebih sukses.
- Ketiga, Tim dukungan pelanggan menggunakannya untuk menstandarkan proses orientasi, memungkinkan pendekatan kesuksesan pelanggan yang proaktif, membangun dan membina hubungan dengan klien.
- Terakhir, C-Suite mengandalkan data untuk membuat keputusan yang lebih tepat tentang strategi bisnis, pengembangan produk, dan banyak lagi manajer dan manajer puncak juga mendapat manfaat.
Data CRM dapat berguna untuk mengawasi tim karena anda dapat melihat apa yang dilakukan setiap karyawan anda.
Anda juga dapat melihat gambaran rinci tentang tugas yang diselesaikan selama periode tertentu dan melihat tindakan mana yang mengarah pada kesuksesan dan mana yang menghambat proses penjualan.
Pusatkan Data Pelanggan Anda dengan CRM
1. Kumpulkan Informasi Pelanggan
Untuk dapat bekerja secara terstruktur dengan hubungan pelanggan membutuhkan ketertiban dan keteraturan.
Oleh karena itu, ini adalah tujuan pertama dan terpenting bagi banyak perusahaan.
Sistem CRM mengumpulkan semua informasi pelanggan yang Anda butuhkan di satu tempat dan memudahkan untuk menemukan informasi yang tepat.
2. Mengotomatiskan Proses
Dengan alat yang tepat, anda dapat mengotomatiskan dan menyederhanakan beberapa proses berorientasi pelanggan.
Alih-alih membuang waktu mereka untuk menjadwalkan pengingat di kalender, karyawan dapat menggunakan nya untuk membangun hubungan pribadi dengan pelanggan.
3. Wawasan dan Pelaporan
Dapatkan statistik dan laporan secara sekilas. Dapatkan ikhtisar statistik penjualan, manajemen prospek, atau kepuasan pelanggan anda menggunakan dasbor grafis.
Wawasan cepat dan ikhtisar tokoh kunci penting dan KPI memungkinkan untuk bertindak cepat saat dibutuhkan.
Sistem CRM Populer untuk Bisnis Anda
Saat memilih perangkat lunak CRM untuk bisnis anda, anda harus mempertimbangkan kebutuhan dan persyaratan khusus bisnis anda.
Ada sejumlah penyedia perangkat lunak yang tersedia, jadi penting untuk melakukan riset untuk menemukan solusi CRM yang tepat untuk bisnis anda.
1. Microsoft Dinamis
Microsoft dinamis CRM adalah paket perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan yang dikembangkan oleh Microsoft.
Ini tersedia dalam dua edisi yaitu on-promise dan berbasis cloud. Perangkat lunak ini mencakup berbagai modul untuk penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan layanan lapangan.
Ini juga memiliki aplikasi seluler untuk perangkat Android dan iOS. Microsoft dinamis CRM adalah bagian dari Microsoft dinamis GP, Microsoft dinamis NAV, dan Microsoft dinamis AX.
2. Titik Hub
Hubspot CRM adalah sistem populer lainnya yang menawarkan banyak fitur dan alat untuk membantu bisnis mengelola hubungan pelanggan mereka secara efektif.
Terlepas dari kenyataan bahwa ini adalah versi gratis, ia memiliki semua fungsi mendasar yang anda harapkan.
Segala sesuatu mulai dari kontak dan profil perusahaan hingga negosiasi bisnis dapat dilacak dan dikelola dalam satu dasbor yang nyaman, berkat banyak fitur program ini.
Selain itu, Hubspot juga dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan.
3. Tenaga Penjualan
Salesforce CRM adalah sistem populer lainnya yang terkenal dengan antarmuka yang ramah pengguna dan fitur yang kuat.
Selain kemampuan seperti manajemen operasi yang berhubungan dengan pelanggan, dan otomatisasi saluran penjualan salesforce juga dilengkapi dengan sejumlah fungsi berguna lainnya.
Pelanggan diberi wawasan tambahan tentang perilaku mereka berkat informasi ekstensif yang diberikan.
Jika anda mencari CRM yang dapat membantu anda mengelola hubungan pelanggan anda secara efektif, Salesforce adalah pilihan yang bagus untuk dipertimbangkan.
4. Rekan Penjualan Zoho
Zoho Salesmate CRM dikenal karena kemudahan penggunaanya, skalabilitasnya, dan kemampuannya untuk berintegrasi dengan platform perangkat lunak lain.
Dengan wawasan penjualan dan berbagai saluran komunikasi pelanggan yang disediakan untuk tim Anda dengan harga terjangkau.
Ini adalah pasangan yang sempurna sebagai perangkat lunak customer relationship management terbaik untuk pemula.
5. Menutup
Tutup adalah sistem CRM yang dapat digunakan secara luas oleh usaha kecil.
Tampilan saluran terintegrasi Close, panggilan telepon dengan perekaman panggilan, dan fitur pemasaran email.
Semuanya menciptakan alur kerja yang lancar dalam permulaan anda sendiri.
6. Odoo
Odoo adalah sistem CRM populer yang menawarkan banyak fitur untuk membantu anda menjadi lebih efisien dan teratur.
Bukan hanya sistem manajemen hubungan pelanggan yang efisien untuk tenaga penjualan dan manajer, itu juga membantu seluruh bisnis dengan analitiknya yang kuat.
Dengan satu platform, anda dapat mengelompokkan prospek atau peluang berdasarkan tahap keterlibatan untuk melihat dengan mudah bagaimana kinerjanya.
Maka dalam CRM ini terdapat banyak hal yang harus diketahui mulai dari dapat membantu dalam bisnis anda untuk meningkatkan dan memaksimalkan pekerjaan.
Juga ada beberapa jenis CRM yang perlu diketahui yaitu operasional, analitik, strategis, kolaboratif, dan manajemen kampanye.
Serta membutuhkan peningkatan layanan pelanggan dan dukungan pelanggan, maka penting untuk melakukan riset untuk menemukan solusi CRM yang tepat untuk bisnis anda.
Baca Juga : Mengenal CRM Track