CRM Track? Apa sih sebenarnya CRM? Nah, dalam pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai CRM.
Bagaimana cara kerjanya, fitur apa saja yang tersedia, dan apa keuntungan dari CRM ini.
Semua akan dibahas sampai tuntas habis mengenai CRM. Semoga Anda suka dengan artikel ini!
Definisi CRM
CRM sendiri adalah teknologi untuk mengelola semua koneksi dan interaksi perusahaan Anda dengan customer dan calon customer.
Tujuan CRM sendiri sangatlah sederhana yaitu untuk meningkatkan hubungan bisnis.
Dalam sistem CRM akan membantu perusahaan tetap terhubung dengan customer, merampingkan proses, dan meningkatkan profitabilitas.
Ketika orang berbicara mengenai CRM, biasanya mengacu pada sistem CRM, alat yang membantu manajemen kontak, manajemen penjualan, produktivitas, dan banyak lagi.
Sistem CRM memberi semua orang untuk memulai dari penjualan, layanan customer, pengembangan bisnis, perekrutan, pemasaran, atau bisnis lainnya.
Alat CRM memnungkinkan Anda menyimpan informasi kontak customer dan prospek, mengidentifikasi peluang penjualan, mencatat masalah layanan, dan mengelola pemasaran.
Semuanya dalam satu lokasi terpusat dan membuat informasi tentang setiap interaksi customer tersedia bagi siapa saja di perusahaan Anda yang mungkin membutuhkannya.
Dengan visibilitas dan akses mudah ke data, lebih mudah untuk berkolaborasi dan meningkatkan produktivitas.
Semua orang di perusahaan Anda dapat melihat bagaimana customer telah dikomunikasikan, apa yang telah mereka beli, dan banyak lagi.
CRM dapat membantu perusahaan dari semua bentuk untuk mendorong pertumbuhan bisnis, dan ini dapat sangat bermanfaat bagi bisnis kecil, dimana tim seringkali perlu menemukan cara untuk berbuat lebih banyak lagi.
Apa saja yang dilakukan Sistem CRM?
CRM membantu Anda menemukan customer baru, memenangkan bisnis, dan mengatur informasi customer dan prospek dengan cara yang membantu membangun hubungan yang lebih kuat.
Sistem CRM dimulai dengan mengumpulkan situs web customer, email, telepon, data media sosial, dan banyak lagi di berbagai sumber dan saluran.
Ini juga dapat secara otomatis menarik informasi lain, seperti berita terbaru tentang aktivitas perusahaan, dan dapat menyimpan detail pribadi, seperti preferensi pribadi klien pada komunikasi.
Alat CRM mengatur informasi ini untuk memberi Anda catatan lengkap mengenai individu dan perusahaan secara keseluruhan, sehingga anda dapat lebih memahami hubungan Anda dari waktu ke waktu.
Platform CRM juga dapat terhubung ke aplikasi bisnis lain yang membantu Anda mengembangkan hubungan customer.
Solusi CRM saat ini lebih terbuka dan dapat diintegrasikan dengan alat bisnis favorit Anda, seperti penandatanganan dokumen dan penagihan, sehingga informasi mengalir dua arah.
Sebagian besar CRM ditingkatkan oleh aplikasi pihak ketiga untuk menyesuaikan dan mengintegrasikan solusi Anda dengan sistem yang ada dengan lebih baik.
CRM adalah pasar saluran perangkat lunak terbesar di dunia, dan telah terbukti sebagai aset teknologi terbaik yang dapat diinvestasikan oleh perusahaan.
Sistem manajemen hubungan customer dapat dikustomisasikan dengan mudah agar memenuhi kebutuhan spesifik bisnis dengan jenis dan ukuran apa pun.
Perusahaan rintisan, perusahaan besar, dan vertikal menggunakan perangkat lunak manajemen hubungan customer untuk meningkatkan upaya penjualan, pemasaran, dan dukungan customer.
Manfaat menggunakan Sistem CRM
- Penghematan biaya
- Lebih banyak waktu untuk menjual
- Tenaga kerja mobile
- Budaya bisnis berbasis data
- Proses penjualan yang tidak rumit
- Komunikasi kontekstual
- Strategi operasional yang jelas
- Semua informasi di satu tempat
- Interaksi customer
- Kepatuhan SLA
- Peningkatan otomatisasi
- Kolaborasi tim yang mudah
Adapun manfaat lain dari CRM
- Berkolaborasi melalui integrasi yaitu mengintegrasikan data dari berbagai fungsi bisnis membantu Anda memaksimalkan efektivitas.
- Dengan dapat memvisualisasikan saluran penjualan Anda, maka dapat melihat dengan tepat kesepakatan mana yang membutuhkan perhatian segera dan kesepakatan mana yang sudah lama.
- Otomatiskan untuk produktivitas maksimum, seperti bisnis yang sering menjalankan berbagai proses setiap hari yang terdiri dari serangkaian tugas berlebihan yang dilakukan oleh banyak pengguna.
- Terlibat untuk membangun hubungan customer yang konsisten, customer mengharapkan lebih banyak dari perusahaan daripada sekedar produk atau layanan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
- Tingkatkan pengalaman customer dengan berbagi informasi misalnya, seperti jika ada customer mengalami masalah dengan produk Anda, beberapa tim dapat bekerja sama untuk memecahkan masalah tersebut. P
- Meningkatkan pendapatan, CRM membantu Anda untuk meningkatkan kepuasan customer, dan retensi customer yang bahagia dalam jangka panjang memerlukan peningkatan pendapatan.
Fitur - fitur lain CRM
- Pertama, Pelaporan dan dashboard, CRM memberi penggunanya kemampuan untuk memvisualisasikan tren penting dan metrik bisnis.
- Kedua, Manajemen penjualan, dengan perangkat lunak CRM bisnis dapat melacak proses penjualannya dari prospek awal, atau dalam tahap prospek, hingga menjadi peluang sehingga tahap konversi akhir.
- Ketiga, Manajemen kampanye pemasaran, perangkat lunak CRM memungkinkan Anda mengelola kampanye dari awal hingga akhir dengan menggunakan alur kerja otomatis jika diperlukan.
- Terakhir, Manajemen layanan, perangkat lunak CRM mengelola layanan dari pra pembelian hingga pengiriman dan pembaruan kontak, baik layanan Anda bersifat preventif atau reaktif, dan dikirimkan di lokasi atau dari jarak jauh.
Selain itu memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan manajemen hubungan pelanggannya, CRM juga membantu dalam proses mengoptimalkan manajemen hubungan seperti :
- Tingkat pendapatan dengan meningkatkan peluang penjualan, perangkat lunak CRM memberi organisasi informasi dan wawasan yang digunakan untuk mengidentifikasikan lebih banyak peluang penjualan.
- Segmentasikan customer dengan mudah, CRM memungkinkan Anda membuat profil customer berdasarkan indikator pembelian seperti riwayat, demografi, tingkat minat, untuk penyesuaian titik kontak dan komunikasi.
- Penyelarasan lintas departemen, sistem CRM membantu menyelaraskan tim pemasaran, layanan customer, dan penjualan anda, yang menciptakan kolaborasi dan harmoni dalam tenaga kerja.
Mengapa CRM Penting?
Basis customer bisnis adalah salah satu aset terbesarnya, oleh karena itu, aset ini memerlukan manajemen dan pengawasan yang ketat, dan mungkin memerlukan CRM
Anda mungkin menemukan bahwa customer dan prospek Anda mungkin mulai mengembara dan mereka tidak puas hanya dengan layanan atau produk berkualitas tinggi.
Dengan perangkat lunak CRM, Anda dapat memastikan bahwa Anda membangun hubungan customer jangka panjang dengan mengetahui setiap detail tentang customer Anda.
CRM menarik informasi dari email, panggilan suara, dan saluran lainnya untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak customer dan mempertahankan yang Anda miliki.
Mereka memberi Anda satu tempat untuk mengatur alur kerja dan proses bisnis Anda, sehingga Anda dapat berkolaborasi, menyelesaikan lebih banyak transaksi, dan menyelesaikan lebih banyak hal.
Otomatisasi pemasaran dan tenaga penjualan, kontak,dan manajemen proyek ini adalah fitur utama dari sistem CRM.
Strategi CRM yang solid memberikan solusi lengkap untuk mengelola titik kontak suara, obrolan, dan email tim Anda.
Membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan lebih baik dengan lebih sedikit waktu dan usaha.
Menggunakan CRM Anda untuk Melacak Tim Anda
Setelah Anda memiliki tim yang berdedikasi untuk menggunakan CRM Anda, maka Anda akan dapat menggunakannya untuk melacak kinerja mereka.
Dalam Open CRM, modul yang paling sering digunakan untuk melacak kinerja penjualan dinamakan peluang. Peluang ini digunakan untuk mengelola negosiasi dan kemajuan penjualan individu.
Jika Anda bernegosiasi untuk dua kontak bangunan yang sama sekali berbeda dengan satu perusahaan, maka akan ada dua peluang.
Jenis pelacakan penjualan ini sangat penting bagi perusahaan untuk menjaga gambaran arus kas mereka.
Ketika datang untuk melacak kinerja tim layanan pelanggan Anda, alat ada di sana, hanya menunggu untuk digunakan.
5 Aktivitas Penjualan yang dapat Anda acak di CRM Anda
Dengan berfokus pada aktivitas pelacakan dalam perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan, Anda dapat mengevaluasi hal – hal yang mempengaruhi prospek untuk maju dalam proses penjualan Anda.
Memahami dengan tepat apa yang memajukan kesepakatan akan membantu Anda memutuskan langkah terbaik berikutnya yang harus diambil untuk menutup kesepakatan serupa di masa mendatang.
Dengan aktivitas pelacakan juga menyoroti tanda – tanda bahwa kesepakatan mungkin akan hilang, dan membantu Anda memberikan perhatian yang tepat untuk membuatnya terus maju.
1. Panggilan
Panggilan telepon tampaknya merupakan bentuk pertama dan paling masuk akal untuk berkaitan dengan calon pelanggan.
Hanya dalam beberapa detik saja, panggilan telepon dapat menghidupkan produk atau layanan Anda, dan Anda dapat mengajukan pertanyaan, mendengarkan dengan cermat, dan menjawab keberatan secara real-time.
Namun, panggilan telepon awal mungkin tidak seefektif bisnis yang memiliki produk fisik seperti majalah.
Panggilan telepon tanpa konteks sebelumnya, dapat menyulitkan untuk menjelaskan kepada calon pelanggan.
2. Rapat
kepribadian yang hangat dapat membantu membuat calon pelanggan lebih nyaman, memungkinkan mereka juga untuk lebih terbuka dalam membantu Anda menemukan kebutuhan mereka.
Tetapi ada masanya sulit untuk mengatur pertemuan tatap muka, baik karena jarak, prioritas pekerjaan yang bertentangan, komitmen keluarga, atau alasan lainnya.
Maka, ketika Anda bisa mengadakan pertemuan dengan prospek, Anda pasti ingin merencanakan dan membagikan agenda yang ringkas, dan menghargai waktu orang lain.
3. Tugas
Tugas penjualan dapat berupa hal kecil apapun yang berkontribusi pada kesuksesan Anda secara keseluruhan sebagai tenaga penjualan.
Berguna saat Anda membutuhkan pengingat untuk meneliti prospek sebelum Anda menelepon mereka, atau untuk mengirimi mereka kuesioner untuk menilai kebutuhan mereka dengan lebih baik.
Perencanaan pra-panggilan dapat membuat perbedaan antara penjualan atau tidak. Tidak ada batasan untuk apa yang dapat dilakukan untuk membantu memulai hubungan dengan calon pelanggan.
Dan jika berguna Anda dapat melacaknya dan mempertimbangkannya untuk menyertakan tugas yang sama sebagai aktivitas dalam kesepakatan lain.
4.Email
Jika tidak mendesak tenggat waktu dan membutuhkan cara yang tidak terlalu invasif untuk menindaklanjuti prospek, disinilah email paling tepat.
Email juga merupakan cara yang bagus untuk memperjelas elemen visual atau data yang rumit, yang mungkin sulit dijelaskan melalui panggilan telepon.
Dengan menggunakan email juga dapat memastikan semua komunikasi, penawaran, perjanjian penting diberi tanggal dan tertulis secara otomatis.
Mungkin penggunaan email yang paling berharga dalam penjualan adalah sebagai media untuk berbagi konten dengan prospek sebagai tautan atau lampiran.
Kelemahannya termasuk kemungkinan penundaan yang lama antara respons, dan miskomunikasi karena kurangnya nada dan bahasa tubuh.
Namun, hal lain tentang email adalah mudah dilacak di CRM Anda, baik aktivitas maupun respons Anda.
5.Tenggat Waktu
Menetapkan tenggat waktu sangat penting dalam penjualan. Fakta sederhananya adalah melewatkan tenggat waktu membuat Anda terlihat buruk.
Salah satu hal penting dalam proses penjualan adalah berkomunikasi dengan benar dan segera untuk menunjukkan bahwa Anda menghormati prospek, waktu, dan bisnis mereka.
CRM dan perangkat lunak manajemen saluran lainnya memungkinkan Anda mengatur dan mengelola tenggat waktu dengan mudah selama proses penjualan.
Dengan mengelola penjualan menggunakan aktivitas untuk manajer penjualan, membantu Anda memahami dimana kekuatan dan kelemahan tenaga penjualan Anda.
Kesimpulannya bahwa CRM merupakan teknologi untuk mengelola semua koneksi dan interaksi perusahaan Anda dengan customer dan calon customer dengan tujuan untuk meningkatkan hubungan bisnis.
Adapun beberapa manfaat CRM seperti penghematan biaya, lebih banyak waktu untuk menjual, proses penjualan yang tidak rumit, komunikasi kontekstual, strategi operasional yang jelas.
Semua informasi di satu tempat, interaksi customer, kepatuhan SLA. Serta ada juga penjelasan mengenai fitur-fitur mengenai CRM dan lain-lain.
Baca Juga : Tips sosial media untuk bisnis