Tips Meningkatkan Penjualan Online
Membuka usaha baru secara online memang dapat dijadikan salah satu cara yang paling jitu agar usaha sebelumnya yang sudah berjalan dapat lebih berkembang.
Terutama dengan perkembangan dari dunia digital ini yang terus meningkat inilah yang membuat perubahan signifikan terhadap usaha anda.
Dengan masuk ke dunia digital usaha yang anda miliki juga memiliki kesempatan untuk lebih dikenal lebih luas dan menjangkau ke berbagai tempat yang sulit dijangkau jika hanya dilakukan secara offline.
Penjualan Berbasis Online adalah aktivitas transaksi yang terjadi antara si penjual dan si pembeli secara online, yang mana transaksi tersebut menggunakan perantara seperti website, media sosial, dan sebagainya yang dihubungkan dengan internet.
Namun, sebelum mulai membangun aset digital baik itu sekedar media sosial atau bahkan website, pastikan agar tetap dapat dengan mudah diakses dan relevan dengan target pelanggan yang dituju.
Meningkatkan Penjualan Bisnis dengan Lebih Mudah dan Efisien Secara Online
Untuk memiliki bisnis online yang baik dan menghasilkan diperlukan berbagai cara, namun semua semakin mudah dengan apabila secara online.
Karena itu untuk memiliki bisnis yang lebih baik dan dikenal orang banyak pastikan anda melakukan beberapa tips di bawah ini:
Buat Website
Banyaknya orang yang mengakses internet dalam setiap harinya tentu dapat dimaksimalkan oleh para pebisnis dengan membangun sebuah bisnis berbasis online.
Untuk memenuhi itu website merupakan hal yang wajib dimiliki oleh usaha anda. Membangun website tidak hanya ditujukan untuk mereka yang memiliki produk seperti baju, aksesoris dan lainnya.
Hal ini berguna untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada mereka, terlepas dari produk yang ditawarkan kepada mereka.
Memiliki Website yang Tampilannya User Friendly
First impression adalah hal penting dalam sebuah produk terutama produk yang memiliki bentuk fisik.
Mereka yang datang kedalam website tentu membutuhkan sebuah tampilan yang nyaman dan user friendly dalam penggunaannya.
Selain user friendly, konten serta loading dari website tersebut juga penting untuk diperhatikan.
Kedua hal tersebut penting untuk dimiliki sebuah website, karena dengan adanya konten serta loading time yang baik tentu akan membuat orang betah berlama-lama dalam websitemu sehingga membuat nilai dari websitemu akan semakin baik.
Website dengan tampilan user friendly akan membantu meningkatkan penjualan bisnis online anda.
Bangun Website yang Mobile Friendly dapat Meningkatkan Penjualan Online
Sebagian besar orang di era digital ini melakukan segalanya menggunakan smartphone yang dimilikinya, baik itu saat di kantor, di transportasi umum maupun pribadi dan dimanapun.
Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa untuk mengoptimalkan sebuah usaha yang sudah memiliki website, tentu website tersebut juga harus yang mobile friendly.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan juga dengan mengoptimalkan website mereka dengan mobile friendly tentu akan membuat semakin nyaman para user untuk membaca hingga mengaksesnya dengan menggunakan smartphone.
Sehingga pengalaman pengguna menggunakan website tersebut melalui ponselnya lebih nyaman dan menyenangkan.
Jangan Lupa Untuk Mencantumkan Kontak & Alamat
Berkat google, orang-orang yang mencari informasi cenderung lebih memilih menggunakan internet terlebih dahulu dibandingkan melalui apapun.
Jika anda memiliki sebuah basis online yang kuat antar sebuah platform, maka hal ini akan membuat usahamu lebih diuntungkan dibanding beberapa kompetitor lainnya.
Karenanya, pastikan usaha yang anda miliki tersebut dapat diakses dengan mudah melalui kontak dan alamat yang tercantum dengan jelas agar dapat meningkatkan penjualan secara online pula.
Adanya internet juga dapat dimaksimalkan dengan menambahkan fitur seperti chatbot, email, maupun fitur pesan yang ada di platform ecommerce.
Ditambah banyaknya opsi pembayaran yang dapat mempermudah calon pelanggan saat melakukan transaksi secara online.
Berikan Promo Spesial
Promo produk yang diberikan kepada pelanggan melalui sebuah kupon dan diskon salah satu cara alternatif untuk mendorong pelanggan kamu berbelanja.
Biasanya para pelanggan akan tergiur untuk melakukan pembelian karena kupon yang sudah diberikan kepada mereka.
Ditambah dengan pemberian batas waktu kupon yang kamu berikan kepada mereka, sehingga nantinya mereka tidak ingin kehilangan kesempatan tersebut.
Gunakan Media Sosial agar penjualan online semakin meningkat
Selain memiliki website, pastikan usahamu juga memiliki media sosial untuk menjangkau sekaligus berkomunikasi melalui media tersebut.
Tidak harus memiliki semua jenis media sosial, anda hanya perlu mengoptimalkan beberapa media sosial yang efektif dan sesuai dengan pasar dari produk yang anda miliki.
Biasanya media sosial seperti Instagram dan Facebook adalah media sosial yang paling efektif untuk melakukan bisnis online jual beli sebuah produk.
Buat Deskripsi Produk Lebih Menarik
Membuat sebuah deskripsi produk perlu kamu tuliskan semenarik mungkin agar pelanggan memiliki rasa penasaran untuk membaca.
Hal itu dilakukan agar informasi yang ingin kamu sampaikan dapat diterima dengan baik oleh mereka.
Dalam menuliskan sebuah deskripsi produk, menarik saja tidaklah cukup bagi para pelanggan, namun penggunaan bahasa haruslah sederhana, mudah dipahami, dan juga jelas agar dapat dimengerti dengan baik.
Gunakan Foto Asli Produk
Foto produk menjadi salah satu hal yang mampu membuat para pelanggan terpikat dengan apa yang kamu tawarkan. Penggunaan foto asli produk mampu memberikan citra nilai dari produk tersebut kepada pelanggan.
Usahakan kamu menghasilkan dan menggunakan foto-foto terbaik dengan melakukan sedikit editan pada foto produk, namun tidak meninggalkan kesan palsu kepada pelanggan yang melihatnya.
Implementasikan SEO
Saat sudah memiliki hal-hal seperti website yang cukup lengkap dari sisi mobile dan user friendly dan sudah memiliki media sosial selanjutnya tinggal mengoptimalkan keduanya.
Mengoptimalkan website tersebut dengan menggunakan sebuah teknik yang dinamakan SEO atau Search Engine Optimization.
Teknik ini digunakan untuk mengoptimasi sebuah halaman dalam mesin pencari (Google, yahoo, bing).
Sebelum anda dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dengan SEO, implementasi dari local SEO ini dapat membuat usaha, anda akan berada pada halaman pertama pada hasil pencarian Google di sekitar mu.
Monitoring Aset Digital yang Dimiliki
Saat sudah memiliki berbagai macam aset digital untuk memasarkan bisnismu secara online, maka jangan lupa untuk melakukan monitoring secara berkala.
Monitoring ini dapat meliputi hal-hal seperti konten yang harus terus diperbaharui dan juga beberapa hal lainnya yang perlu dijaga mulai dari website, sosial media hingga konten di dalamnya.
Hal ini agar menekan adanya kemungkinan para calon pengguna produk bisnis anda pindah ke kompetitor.
Jika penggunaan aset ini dapat dijalankan secara optimal, bukan tidak mungkin pelanggan terus berdatangan.
Beberapa hal di atas adalah cara untuk kamu yang ingin meningkatkan penjualan bisnis secara online.
Namun apabila kamu ingin melakukannya dengan lebih mudah kamu dapat menggunakan e-commerce untuk memasarkan bisnis anda.
Manfaat Menjalankan Bisnis Berbasis Online
Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang, banyak orang yang memanfaatkannya untuk menjalankan bisnis online.
Dengan cara tersebut, kamu bisa menjangkau penjualan produk ke berbagai daerah yang ada di Indonesia bahkan ke mancanegara.
Adanya teknologi seperti sekarang, tentunya menjadikan berbagai hal pekerjaan semakin mudah dan praktis sekaligus mendatangkan berbagai manfaat.
Di bawah ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila menjalankan bisnis secara online:
Modal Relatif Lebih Rendah
Bisnis online mampu meminimalisir modal yang digunakan dalam memulai bisnis. Selain alat operasional dan juga barang yang dipersiapkan tidak begitu banyak, kamu juga tidak perlu repot membuka toko.
Dengan tidak membuka toko sebagai bangunan fisik, karena hal itu yang memakan banyak modal.
Informasi Cepat diterima Konsumen
Saat kamu ingin melakukan promosi, kamu tidak perlu memakan waktu lama untuk menyebarkan luaskan informasi yang ingin dibagikan kepada banyak pelanggan.
Keluaran produk terbaru dari bisnis kamu pun juga bisa cepat kamu informasikan kepada pelanggan sehingga tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk mendatangkan pelanggan ke toko.
Jangkauan Bisnis Lebih Luas
Sama seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan berbisnis secara online, informasi apapun mudah dibagikan dan cepat tersebar luas di berbagai kalangan calon pelanggan.
Dengan begitu, selain cepat mendatangkan pelanggan, jangkauan bisnis kamu semakin luas karena tidak terbatas oleh ruang dan waktu seperti halnya bisnis offline.
Sistem Pembayaran Praktis
Sistem pembayaran yang praktis juga memudahkan para pelanggan dalam berbelanja. Dalam hal berbisnis online, tentunya metode yang dipakai juga menggunakan media transfer antar pengguna.
Hal tersebut akan membantu kamu dalam melakukan pembukuan penjualan dan tidak lagi membutuhkan perlatan seperti nota dan lain-lain karena sudah tercatat dalam setiap transaksi yang dilakukan pelanggan.
Agar bisa meningkatkan penjualan online melalui media sosial, anda perlu menyusun strategi social media marketing yang tepat. Anda perlu melakukan riset sebelum menjalankan kampanye di media sosial.
Strategi Meningkatkan Penjualan Berbasis Online
1. Pahami Siapa Target Audience Anda
Untuk memastikan bahwa anda membuat keputusan yang tepat tentang produk dan aktivitas penjualan berbasis online yang hendak dijalankan, pertama-tama pahami dahulu siapa pelanggan anda.
Manfaatkan berbagai tool analisis dan sistem point-of-sale (POS) untuk mengidentifikasi pola dan preferensi pembelian yang dilakukan oleh pelanggan.
2. Temukan Sesuatu yang Membuat Toko Anda Terlihat Lebih Unik
Kira-kira, apa yang bisa ditawarkan toko anda, tetapi tidak bisa diberikan orang lain? Setelah anda tahu apa yang membuat toko online anda berbeda, selanjutnya hanya tinggal menyusun strategi pemasaran digital yang tepat.
Keunikan-keunikan tersebut juga bisa anda masukkan ke dalam tagline toko, menyorotnya di homepage, atau bahkan mengumumkannya di iklan media sosial.
3. Manfaatkan Media Sosial
Media sosial tidak hanya memudahkan orang-orang untuk saling terhubung. Platform media sosial juga dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan berbasis online anda.
Mengingat penduduk Indonesia adalah pengguna aktif media sosial populer seperti Facebook dan Instagram.
4. Tunjukkan Testimoni dari Pelanggan
Selain menggunakan media sosial, anda bisa melakukan cara meningkatkan penjualan berbasis online kedua ini.
Dengan menunjukkan testimonial pelanggan yang positif dalam jumlah banyak, tentu saja akan menarik minat calon pelanggan baru, sehingga penjualan online akan naik.
5. Aktif di Komunitas Online
Komunitas online khusus pengusaha, baik pemula dan profesional dapat membantu anda untuk mempelajari karakteristik konsumen. Hal ini memang terlihat sepele, namun hasilnya bisa sangat memuaskan.
6. Menggunakan Teknologi yang Tepat untuk Kemajuan Usaha
Jumlah pengguna aplikasi chat yang meningkat beberapa tahun terakhir menjadikan kebiasaan baru yang disebut chatting habits.
Chat menjadi alternatif baru berkomunikasi untuk berbagai aktivitas, seperti belanja, konsultasi kesehatan, e-learning, pemesanan makanan, transportasi, dan masih banyak lagi.
Hal ini berdampak pada munculnya harapan akan conversational experience yang relevan dan pengalaman pelayanan yang instan, simpel, dan nyaman, ketika konsumen bertransaksi dengan bisnis.
7. Sediakan Berbagai Jenis Metode Pembayaran
Meskipun produk yang diinginkan sesuai, calon pelanggan dapat saja batal melakukan pembelian karena tidak ada metode pembayaran yang cocok.
Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus menyediakan berbagai jenis metode pembayaran.
8. Gunakan Strategi Pemasaran FOMO
Fear of Missing Out (FOMO) adalah istilah psikologis yang digunakan untuk dapat menggambarkan perasaan gelisah atau takut akan ketinggalan tren dan hal-hal yang menyenangkan dan sedang terkenal.
Anda dapat menggunakan FOMO dan mengaplikasikannya pada strategi pemasaran dimana anda perlu membangun kegelisahan pada calon konsumen jika melewatkan produk atau toko online anda.
Yakinkan bahwa promosi yang sedang ditawarkan merupakan hal yang langka.
9. Menggunakan Email Marketing
Meskipun terdengar seperti hal yang sepele dan ketinggalan zaman, email marketing ini juga ternyata masih sering dilakukan untuk dapat meningkatkan kesadaran calon konsumen terhadap produk dan toko yang ditawarkan.
10. Menggunakan Pay Per Click (PPC)
Pay Per Click (PPC) merupakan strategi marketing melalui internet yang membuat pemasang iklan hanya perlu untuk membayar setiap iklan yang dipilih atau diklik oleh target pemasaran.
Strategi marketing ini banyak digunakan pada media sosial seperti Facebook, Instagram dan bahkan Google.
11. Buat Strategi Pemasaran Dan Strategi Penjualan Online Berdasarkan Google Analytics
Meskipun masih banyak orang yang belum mengetahui Google Analytics, anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk melihat dan menganalisis perkembangan yang terjadi pada website toko online anda.
Susun strategi pemasaran dan penjualan berdasarkan data ini agar lebih efektif.
12. Mengoptimalkan Retargeting
Retargeting atau penargetan ulang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan angka penjualan.
Biasanya cara ini digunakan dengan menggunakan iklan di media sosial atau juga mesin pencarian.
Targetkan kembali orang-orang yang mengunjungi website Anda untuk iklan selanjutnya.
13. Mempercepat Proses Checkout
Proses checkout yang lama dan rumit dapat membuat pelanggan anda batal melakukan transaksi pada toko anda.
Hindari hal tersebut dengan meningkatkan kecepatan website, mengizinkan pelanggan login tanpa melakukan registrasi dan menghilangkan distraksi.
Demikian penjelasan terkait penjualan berbasis online yang bisa dipahami agar membantu dalam merencanakan bisnis yang ingin anda bangun.
Cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan penjualan online yang sudah kami sampaikan, semuanya kurang lebih terkait dengan strategi pemasaran dan juga promosi.
Tetap semangat dan jangan menyerah untuk berjualan dan meningkatkan angka penjualan.
Baca Juga : Komunikasi Visual dalam Pemasaran Digital