Apa itu Cloud Storage?

Apa itu Cloud Storage? Jenis, dan manfaat bagi bisnis anda

Cloud storage merupakan salah satu produk dari teknologi cloud computing dalam dunia penyimpanan data.

Memahami kelebihan serta cara kerjanya dapat membantu Anda mengoptimalkan bisnis Anda.

Lalu, apa saja keunggulan cloud storage yang bisa didapatkan penggunanya? Simak penjelasan lengkapnya pada artikel ini.

Apa yang Dimaksud dengan Cloud Storage?

Cloud storage adalah media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data.

Cloud storage adalah terobosan baru dalam dunia storage atau penyimpanan data yang menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan flashdisk.

Jadi, data yang disimpan ke dalam storage akan disimpan di sejumlah server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut hosting.

Data dalam cloud storage akan tersimpan di suatu server yang dikelola oleh pihak penyedia layanan cloud.

Anda tidak perlu khawatir akan adanya gangguan virus atau kerusakan data.

Penyimpanan data dalam server akan terjamin keamanannya, tidak bisa dicuri oleh siapa pun.

Selain itu, tentu data ini bisa anda akses kapan pun dan di mana pun selama ada koneksi internet dan media pembukanya seperti laptop.

Apakah Penyimpanan Awan Aman?

Sebelum melangkah lebih jauh, anda mungkin berpikir apakah penyimpanan cloud itu aman atau tidak. 

Baik bagi kebutuhan bisnis atau pribadi, keamanan adalah hal yang tidak dapat dikompromikan. Lalu, apakah penyimpanan cloud aman?

Dari sisi teknis, penyimpanan cloud memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Hal ini karena file yang anda simpan akan berada pada tempat atau ruangan server yang tidak bisa dijamah oleh orang kebanyakan.

Hal ini membuat kemungkinan pencurian data secara fisik atau langsung dari server akan semakin rendah.

Lalu, file yang anda simpan juga akan dienkripsi. Hal ini akan membuat para penjahat siber kesulitan atau bahkan mustahil untuk mencurinya.

Pemasangan firewall untuk mencegah akses yang tidak berkepentingan, redundancy atau backup data jika terjadi kerusakan pada server tempat anda menympan data, dan lain-lain.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Storage?

Cara kerja penyimpanan awan tidak ubahnya seperti ketika anda menyimpan file di perangkat anda.

Ketika anda menyimpan file di perangkat anda, misalnya laptop, maka file tersebut akan berada di hard disk atau perangkat keras lainnya seperti flashdisk yang kemudian dapat anda akses melalui user interface yang disediakan oleh OS anda. 

Hal yang sama kurang lebih terjadi pada penyimpanan awan. Bedanya, pada penyimpanan awan, file anda akan tersimpan pada sebuah data center yang kemudian memperbanyak file anda yang nantinya akan disimpan pada beberapa server untuk membuat backup (redundancy).

Keuntungan Menggunakan Cloud Storage

Nah, setelah anda mempelajari pengertian serta cara kerjanya sekarang saatnya anda mengetahui apa saja keuntungan yang bisa diperoleh jika memilihnya.

Dengan menggunakan cloud resiko kerusakan atau kehilangan data sangat kecil sebab data disimpan oleh hosting ke dalam server. 

Pemakaian cloud juga tidak membutuhkan perangkat keras, karena cloud storage hanya mengandalkan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya.

Sekarang ini banyak media penyimpanan online yang tidak dipungut biaya, sehingga secara finansial sangat membantu anda untuk menghemat budget.

Cloud storage juga merupakan media penyimpanan yang ramah lingkungan karena tidak membutuhkan perangkat sehingga tidak akan meninggalkan limbah.

Apa Manfaat Penggunaan Cloud Storage dalam Bisnis?

Apa itu cloud storage bisa dimanfaatkan oleh semua orang tak hanya individu, tapi juga untuk bisnis.

Bahkan cloud storage menawarkan beberapa manfaat khusus bagi efektivitas bisnis.

Apa saja?

1. Waktu Lebih Efektif

Manfaat penggunaan cloud storage yang pertama adalah membuat waktu bekerja menjadi lebih efektif.

Penyimpanan secara offline sangat rentan terjadi kerusakan, terutama pada media penyimpanannya, seperti lemari atau rak folder.

Jika terjadi kerusakan, waktu anda akan habis untuk memperbaiki atau menyelamatkan data terlebih dahulu.

Namun, dengan menggunakannya, hal tersebut tidak akan terjadi. 

Membuka data bisa dilakukan di mana saja, sehingga, waktu yang tadinya dipakai untuk mengatasi permasalahan, bisa digunakan untuk fokus mengerjakan hal lain yang lebih penting.

2. Mempermudah Pengarsipan Data

Selanjutnya, cloud storage dinilai lebih efektif dalam pengarsipan data karena bisa mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan.

Hal ini berbeda dari perangkat penyimpanan offline seperti flashdisk atau harddisk yang harus dibawa ke mana-mana agar anda bisa mengakses data. Alhasil, risiko disk hilang atau terjatuh pun cukup tinggi.

Jika sampai terjadi, data anda juga bisa hilang dan berisiko jatuh ke tangan orang yang salah.

Dengan ini, pengarsipan data jadi lebih mudah dan efisien. Semua tersimpan aman di cloud dan untuk mengaksesnya, anda hanya membutuhkan jaringan internet dan perangkat memadai, risiko data hilang pun sangat minim.

3. Menghemat Biaya Perusahaan

Kemudian, dengan menggunakan penyimpanan awan, perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk keperluan hardware penyimpanan data. 

Selain itu, perusahaan juga tidak perlu menggaji seseorang untuk bisa merawat dan menjaga data tersebut dari kerusakan, mengingat maintenance biasanya dilakukan oleh pihak penyedia layanan cloud.

Jadi, perusahaan bisa lebih berhemat, bukan?

4. Mempermudah dalam Bekerja sama

Penyimpanan data pada cloud storage akan lebih memudahkan Anda untuk membagikannya kepada rekan kerja.

Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja. Sehingga, waktu untuk bekerja jadi lebih efisien, kerja sama dengan rekan bisnis juga menjadi lebih mudah dan cepat.

5. Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Terakhir, dengan segala keunggulan yang mendukung efektivitas dan efisiensi, penyimpanan awan pun bisa meningkatkan performa perusahaan. 

Karena urusan penyimpanan data telah diserahkan ke penyimpanan awan, Anda dan tim pun jadi lebih produktif, sehingga berdampak baik pada hasil kerja secara keseluruhan.

Cloud Storage?
Apa Saja Jenis Penyimpanan Awan yang Dapat Anda Gunakan?

Secara umum, apa itu cloud storage terbagi menjadi empat jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis cloud storage yang harus Anda ketahui:

1. Private Cloud Storage

Jenis yang pertama dari penyimpanan awan adalah public cloud storage. Dimana jenis ini disebut sebagai yang paling populer digunakan. 

Alasannya karena penyimpanan awan yang satu ini bersifat publik sehingga dapat diakses dimana saja selama terhubung dengan internet. 

Contoh dari public cloud storage yaitu Google Drive. Selain memiliki akses yang mudah penyimpanan awan jenis ini tidak memerlukan biaya perawatan yang mahal.

2. Personal Cloud Storage

Sesuai dengan namanya jenis penyimpanan data yang ini adalah jenis personal. 

Dimana jika anda ingin menyimpan data maka aksesnya akan menggunakan koneksi jaringan lokal. 

Sehingga penggunaannya pun bisa diakses di dalam rumah dan dapat terkoneksi dengan device yang lain.

3. Public Cloud Storage

Ketiga dari jenis penyimpanan awan adalah private cloud storage. Jenis ini hampir mirip dengan jenis personal cloud storage hanya saja bersifat private. 

Dimana pengguna yang lain tidak dapat memiliki akses untuk masuk pada jaringan penyimpanan data. Inilah alasan disebut sebagai penyimpanan awan yang private. 

Namun penyimpanan ini lebih terintegrasi karena hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja misal orang-orang dalam perusahaan tertentu.

4. Hybrid Cloud Storage

Terakhir adalah hybrid cloud storage. Dimana jenis ini berupa kombinasi antara private dengan public cloud.

Sehingga pengguna dibebaskan untuk menyimpan data secara online maupun offline. 

Selain itu untuk biaya penyimpanan data ini terbilang besar karena biasanya hanya digunakan secara ekslusif oleh perusahaan-perusahaan besar saja yang memiliki data yang penting dengan skala yang besar.

Apa Saja yang Harus Diperhatikan saat Memilih Layanan Cloud Storage?

Ada banyak sekali layanan jasa penyedia penyimpanan awan. Namun, layanan seperti apa yang paling tepat untuk Anda? Dalam memilih layanan penyimpanan awan, sebaiknya Anda memperhatikan enam hal berikut ini.

1. Fitur Keamanan

Pertama, keunggulan dari cloud storage adalah keamanan data terjamin. 

Jika anda menggunakan penyimpanan data dalam bentuk hardware, ada kemungkinan jika sewaktu-waktu alat tersebut rusak sehingga menyebabkan data hilang. 

Akan tetapi hal ini tidak akan terjadi jika anda menggunakan penyimpanan awan. 

Dimana data yang disimpan semuanya akan tersimpan di internet sehingga tidak perlu khawatir akan kerusakan yang terjadi dalam bentuk fisik. 

Sehingga keamanan data dinilai lebih aman daripada menggunakan penyimpanan data biasa seperti hardware.

2. Pencadangan dan Pemulihan

Selanjutnya, perhatikan kemampuan untuk melakukan pencadangan serta pemulihan sebuah layanan cloud storage. Pilih layanan yang bisa menyimpan file yang hilang atau terhapus, setidaknya selama 30 hari.

3. Kemampuan Integrasi

Kemampuan integrasi akan membuat Anda tenang karena tetap bisa menggunakan software lain yang sudah dipakai sebelumnya.

4. Fitur Kolaborasi

Perhatikan fitur yang diciptakan untuk melakukan kolaborasi. Misalnya adanya komentar pada dokumen, penandaan pengguna lain, membuat dokumen bersama-sama, dan lain-lain.

5. Biaya

Jika Anda menggunakan penyimpanan awan sebagai tempat penyimpanan data adalah pengeluaran biaya yang lebih sedikit.

Hal ini disebabkan karena saat menyimpan data dengan penyimpanan awan anda tidak memerlukan lagi hardware sebagai wadah untuk data tersebut. 

Karena jika menggunakan hardware maka ada banyak biaya yang harus dipersiapkan. 

Tetapi sebaliknya jika menggunakan penyimpanan berbasis cloud penyimpanan data dilakukan secara online sehingga biaya bisa ditekan lebih sedikit dibanding dengan menggunakan hardware. 

Hal ini juga didukung dengan penyimpanan awan yang dinilai lebih ramah lingkungan.

6. Kemudahan Akses

Selain fleksibel, jika menggunakan penyimpanan data awan Anda bisa melakukan kecepatan akses data.

Ini dibuktikan dengan akses yang bisa dilakukan dimana saja. Hanya membutuhkan jaringan internet akses data yang anda miliki bisa dibuka kapan saja.

Ini dinilai efektif karena tidak memerlukan waktu yang lama.

7. Privasi Data Lebih Terjaga

Data pribadi milik pengguna sangat penting untuk dijaga. Tidak sedikit kasus kebocoran data milik pengguna yang pernah terjadi, karena serangan hacker yang tidak bertanggung jawab. 

Hal ini bisa diatasi jika anda menggunakan cloud storage. Sebelum menyimpan data, anda harus memiliki akun terlebih dahulu yang menggunakan username serta password yang sudah anda atur sendiri. 

Inilah yang membuat privasi data terjaga karena hanya yang memiliki akun yang bisa mengaksesnya.

8. Data Lebih Mudah Di Bagikan

Cloud storage lebih memudahkan Anda jika ingin membagikan data. Bukan hanya itu saja jika anda ingin mengerjakan pekerjaan secara bersamaan dalam satu file juga bisa dilakukan dengan penyimpanan awan ini. 

Selain itu anda juga tidak perlu khawatir dengan ukuran dan kualitas dari data yang sudah tersimpan dalam cloud. 

Karena dapat dipastikan ukuran maupun kualitasnya tidak ada yang berubah.

9. Data Menjadi Lebih Mudah Di Kontrol

Terakhir keunggulan dari cloud storage adalah data menjadi lebih mudah untuk dikontrol. 

Maksudnya pada pengiriman data yang dilakukan melalui email, terkadang ada kalanya proses pengiriman mengalami kendala atau masalah. 

Ini yang memicu proses pengiriman mengalami perubahan dan bisa berakibat pada data yang hilang atau data yang tidak terdeteksi. 

Hal seperti ini bisa diatasi dengan cloud storage dimana pengiriman data melalui email tidak perlu lagi dilakukan. 

Cukup dengan mengerjakannya pada satu file secara online. Kemudian disusul dengan fitur notes yang memudahkan anda terhadap instruksi yang ada. 

Apalagi akses penyimpanan data awan menggunakan koneksi internet memudahkan penyimpanan kemana pun.

Itulah pembahasan mengenai apa itu cloud storage serta jenis, cara kerja, dan manfaatnya. Mengingat pentingnya penyimpanan awan, sudah saatnya Anda menggunakannya demi keamanan dan efisiensi akses data bisnis.

Cloud storage tentu menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin lebih mudah dan praktis dalam menyimpan data. 

Berbagai keunggulan yang Anda dapatkan jika menggunakanpenyimpanan berbasis cloud seperti data lebih terjamin keamanannya, fleksibel,privasi data lebih terjaga, dan beberapa keunggulan lain yang bisa anda baca di atas.

Sebagai media penyimpanan berbasis online yang langsung terhubung dengan jaringan internet. 

Apakah anda tidak tertarik untuk menggunakan penyimpanan berbasis cloud?

related articles

Electronic Journal Centralized (EJC)

Definisi EJ EJ adalah publikasi berulang yang dibentuk dalam.

Kriteria EJC

Kriteria Pemilihan EJ Electronic Journal atau EJ biasanya dibuat seperti.

ATM Monitoring

Hallo readers, kali ini kami akan membahas mengenai ATM.

Merchant Monitoring Management Solutions

Hallo readers, kali ini kami akan membahas mengenai.