Manfaat Teknologi untuk Mengembangkan Bisnis

Business, technology
Manfaat Teknologi untuk Mengembangkan Bisnis

Manfaat Teknologi saat ini sangat membantu dalam mengambangkan bisnis, misalnya mengoptimalkan kinerja untuk mengurangi biaya pengeluaran.

Dalam masa kini, teknologi bukan lagi sebagai keinginan tetapi sudah sebagai kebutuhan.

Dengan meningkatkan kualitas bisnis merupakan prioritas utama anda dalam berbisnis.

Karena itu, mengapa teknologi sangat dibutuhkan, agar bisnis anda dapat berkembang. 

1. Mempromosikan Produk atau Jasa

Dengan adanya media, anda dapat  memperkenalkan produk atau jasa anda ke tempat – tempat berbeda tanpa perlu membayar mahal.

Media sendiri dibagi menjadi dua yaitu media online dan media offline. Dalam media offline terdiri dari majalah, radio, televisi, billboard, brosur, spanduk, dan bentuk lainnya.

Sedangkan, media online terdiri dari berbagai media sosial seperti facebook, blog, atau official website.

Anda dapat mempromosikan produk atau jasa anda melalui media – media tersebut.

Setiap media sosial menawarkan harga promosi yang relatif murah dibandingkan dengan media – media offline. 

2. Membangun dan Menjaga Relasi Bisnis

Kemajuan teknologi memungkinkan anda melakukan komunikasi dan kerjasama jarak jauh dengan rekan bisnis, pelanggan, serta investor anda.

Anda dapat melakukan komunikasi online melalui aplikasi online messenger seperti line, whatsapp, dan blackberry messenger.

Bahkan pada masa sekarang dapat berkomunikasi tatap muka lewat video call seperti skype dan melakukan meeting serta teleconference melalui web seperti webinar. 

3. Mengontrol Jalannya Bisnis

Teknologi memberi anda kesempatan untuk mengawasi bisnis kapanpun dan dimanapun.

Dengan demikian, anda dapat mengetahui kegiatan online pegawai anda selama berada di kantor.

Dalam mengendalikan perusahaan menjadi semakin mudah setiap harinya.

Tidak hanya saat berada di kantor, melainkan anda juga dapat melihat seluruh aktivitas perusahaan selama 24 jam dari jauh menggunakan aplikasi CCTV yang dapat diakses dari smartphone anda. 

Anda juga dapat mengontrol proses distribusi produk atau jasa anda melalui GPS tracking. 

4. Mengelola Keuangan Perusahaan

Pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi.

Pada masa sekarang untuk membuat laporan keuangan cukup menggunakan microsoft office yang tersedia di komputer atau laptop. 

Saat ini juga anda dapat membuat dan mengakses laporan keuangan dengan software keuangan dan akuntansi offline maupun online.

Banyak software manajemen yang dapat digunakan untuk mengelola keuangan anda. 

5. Analisa

Hanya dengan menyediakan komputer atau laptop dan memasang jaringan internet, anda dapat menganalisa aktivitas perusahaan dan masyarakat yang menjadi target anda.

Saat ini banyak software atau website yang dapat anda gunakan untuk meneliti kondisi bisnis dan target pasar.

Anda dapat menganalisa jalannya bisnis anda dengan program aplikasi bisnis oracle dan SAS (Statistical Analysis System). 

Anda juga dapat melihat kondisi pasar melalui aktivitas di media sosial melalui software analisis media sosial seperti Sonar Platform.

Dengan begitu anda akan mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan dengan mudah. 

6. Menjaga Keamanan Data

Keamanan data perusahaan semakin terjamin dengan adanya teknologi.

Data yang pada awalnya hanya berbentuk tulisan dan mudah rusak sekarang dapat disimpan dalam bentuk file di usb, harddisk, laptop, atau komputer.

Dengan begitu juga anda dapat membuat back up data dan menyimpannya di tempat – tempat berbeda untuk mengurangi risiko kehilangan data.

Selain menyimpan secara offline, anda juga dapat menyimpan data anda secara online dengan menggunakan cloud storage seperti google drive atau dropbox.

Menyimpan data secara online dianggap lebih aman dan efektif karena risiko data terhapus atau dicuri orang sangatlah kecil, karena hanya anda yang tahu username, email, dan password akun anda.    

Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis di Era Digital

Banyak sekali peran teknologi informasi dalam bisnis yang bisa ditemukan, bahkan mustahil untuk menjalankan bisnis tanpa bantuan teknologi.

Baik pemilik bisnis maupun karyawannya harus paham dengan teknologi jika ingin bertahan dan tetap maju.

Perkembangan teknologi juga dinilai sebagai musuh bisnis yang lebih besar daripada kompetitor usaha.

Faktanya, teknologi membawa berbagai kemudahan dalam menjalankan bisnis dan perusahaan pada umumnya.

Peran teknologi informasi dalam bisnis tidak terbatas pada manfaat yang telah disebutkan.

Dalam bisnis atau perusahaan, selalu ada beberapa pihak yang diuntungkan dengan kehadiran teknologi. 

1. Memudahkan Komunikasi

Pada perkembangan teknologi selalu menawarkan kemudahan dalam komunikasi, seperti penggunaan aplikasi messenger atau email.

Fungsi ini bisa dirasakan baik oleh karyawan perusahaan, pelanggan konsumen, bahkan distributor produk.

Email dan aplikasi messenger bisa menjadi sarana komunikasi juga bisa berjalan lebih cepat, sehingga proses penyampaian informasinya pun akan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. 

2. Sistem Manajemen Data

Teknologi informasi yang berkembang juga akan memudahkan dalam manajemen data.

Arsip bisnis atau perusahaan yang selalu identik dengan dokumen – dokumen dalam bentuk kertas kini berubah menjadi data digital yang tersimpan dalam komputer perusahaan.

Data digital dokumen ini lebih mudah disimpan dan diakses oleh setiap orang, terlepas dari lokasi mereka yang sedang jauh dari tempat bisnis.

Data yang sudah terekam pun masih bisa bertahan hingga beberapa periode ke depan, yang tentunya akan berguna sebagai bahan pertimbangan atau evaluasi nantinya.

Selain itu, data digital dinilai lebih ekonomis dan lebih ramah lingkungan karena minimnya penggunaan sampah kertas.

3. Memudahkan CRM

Customer Relationship Management (CRM) atau komunikasi antara bisnis dan pelanggan pun berjalan lebih lancar berkat perkembangan teknologi informasi ini.

Kegiatan bisnis dan pelayanan pembeli pun bisa berjalan selama 24 jam karena aktivitas bisnis terus berjalan tanpa mengenal batas ruang dan waktu apabila diperlukan.

Teknologi informasi pun menciptakan beberapa bot atau layanan komunikasi otomatis yang bisa melayani pelanggan secara langsung dan cepat.

Selain itu, CRM juga bisa menyimpan data kronologis pelanggan sebagai record kegiatan mereka.

Misalnya, seperti pelanggan yang ingin mengetahui status pengiriman barang yang telah dipesan.

Sistem CRM akan membantu staf mendapatkan informasi yang dibutuhkan sehingga pelanggan pun bisa dilayani dengan baik. 

4. Sumber Informasi bagi Bisnis

Teknologi menyediakan berbagai informasi yang berharga dan sayang untuk dilewatkan bagi suatu bisnis.

Apabila sebuah bisnis atau perusahaan ingin maju, mereka harus aktif mencari segala informasi yang bisa memajukan bisnisnya.

Banyak informasi dan pengetahuan mengenai bisnis di internet, hanya saja pebisnis harus berhati – hati dan tetap memilah informasi yang benar – benar bermanfaat.

Bisa juga pebisnis mendapatkan banyak mitra atau partner untuk bekerja sama yang bisa menguntungkan bisnis mereka masing – masing. 

5. Memudahkan Manajemen Sistem Informasi

Kemudahan dalam manajemen sistem informasi dalam suatu perusahaan. Data yang disimpan bisa digunakan secara efektif dengan menggunakan sistem informasi.

Misalnya, perusahaan bisa memanfaatkan data penjualan, biaya, dan tingkat produktivitas sebagai pertimbangan atau evaluasi untuk meningkatkan keuntungan dari waktu ke waktu.

Dengan adanya sistem informasi secara komputasi, karyawan yang membutuhkannya bisa mendapatkan data tersebut dengan mudah.

Penerapan Teknologi Informasi E-business & E-commerce bagi Perkembangan sebuah Perusahaan
Sistem untuk kolaborasi dan bisnis jejaringan sosial

Sistem ini mencakup pemrosesan transaksi, sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, dan sistem intelijen bisnis serta menyesuaikan harga barang dipasaran. 

Kolaborasi, berfokus pada penyelesaian tugas maupun misi, biasanya digunakan pada organisasi bisnis maupun organisasi lainnya antara bisnis satu dengan bisnis lainnya.

Dapat bersifat langsung atau jangka waktu yang lebih lama tergantung dari hubungan dan pekerjaan di antara partisipan.

Biasanya dapat bersifat individu satu dengan individu lain, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok.

Kolaborasi dan kerja sama tim menjadi lebih penting dibandingkan sebelumnya karena berbagai alasan seperti meningkatkan efisiensi,  mengubah struktur organisasi, dan menitikberatkan pada inovasi.

Manfaat kolaborasi sendiri adalah :
  • Produktivitas, Jika seseorang mampu berinteraksi dan bekerja sama, mereka dapat menyelesaikan masalah lebih cepat dibandingkan orang yang jumlahnya sama namun bekerja sendiri
  • Kualitas, orang yang bekerja secara kolaboratif dapat saling mengoreksi kesalahan lebih cepat dibandingkan orang yang bekerja sendiri
  • Inovasi, orang yang mampu bekerja sama dengan baik dapat saling mendatangkan ide yang lebih inovatif dan kreatif mengenai produk, layanan, maupun administrasi
  • Customer Service, orang yang mampu bekerja sama dan menggunakan jejaring sosial dalam menyelesaikan  keluhan pelanggan secara lebih cepat dan efektif
  • Kinerja Keuangan, perusahaan yang bersifat kolaboratif memiliki penjualan, pertumbuhan, dan kinerja keuangan yang lebih unggul
Bisnis jejaring sosial

Masa kini banyak perusahaan mulai meningkatkan kolaborasi dengan memanfaatkan bisnis jejaring sosial melalui instagram, twitter, facebook, maupun media lainnya.

Dengan tujuan yaitu untuk memperluas interaksi antar kelompok dari dalam maupun luar perusahaan.

Hal ini dapat memperlancar pencapaian informasi, inovasi, dan pengambilan keputusan. 

Perwujudan etika kebiasaan dan proses bisnis yang kolaboratif

Jika tidak ada kebiasaan yang mendukung, kolaborasi dalam sebuah perusahaan bisnis tidak dapat terjadi secara spontan.

Kebiasaan sifat memerintah dan mengendalikan merupakan skala besar bagi perusahaan bisnis adalah sebagai suatu organisasi pada masa lalu.

Dimana para petinggi perusahaan memerintahkan dalam melancarkan rencana dari manajemen senior.

Sedangkan, para pekerja bagian manajemen tingkat menengah hanya bertugas meneruskan pesan dari petinggi tingkat atas kepada tingkat bawah. 

Teknologi dan perangkat yang mendukung bisnis jejaring sosial
1. Surel dan Pesan Instan

Software yang memfasilitasi pengiriman pesan singkat antar individu maupun kelompok dengan bentuk teks diketik untuk menghubungkan pekerjaan yang beroperasi pada komputer atau nirkabel lainnya.

2. Wiki

Situs web yang memperoleh penggunanya menambah atau menyunting situs tersebut.

Biasanya situs web yang memudahkan pengguna yang tidak memiliki pengetahuan dalam bahasa pemrograman dan pengembangan web untuk mengkontribusi isi tulisan dan gambar.

3. Virtual Meeting Sistem

Banyak perusahaan menggunakan teleconference atau video conference untuk meminimalkan biaya pengeluaran.

Biasanya digunakan untuk sistem pertemuan virtual serta untuk pembahasan produk, pelatihan, sesi strategis bahkan penyampaian aspirasi. 

4. Virtual Worlds

Teknologi yang membuat user dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada di dunia maya (3D).

Biasanya para petinggi perusahaan bila berhalangan hadir dikarenakan lokasi yang tidak dapat dikunjungi mereka akan menggunakan virtual worlds untuk mengadakan pertemuan online.

5. Platform Kolaborasi dan Bisnis Jejaring Sosial

Software yang menyediakan platform multifungsi untuk berkolaborasi dan bisnis jejaring sosial diantara kelompok karyawan yang bekerja di berbagai lokasi yang berbeda.

6. Google apps atau Google sites dan Cloud Collaboration Services

Memberikan pengguna hak akan situs web secara online dengan edit secara cepat.

Google sites adalah salah satu bagian dari rangkaian perangkat google apps yang lebih besar.

Pengguna google sites dapat merancang dan mengunjungi situs web dengan cepat tanpa dibutuhkan kemampuan teknis yang mendalam.

7. Lotus Notes

Sebuah software yang merupakan kolaborasi dari client dan server sistem kolaborasi dengan kemampuan berbagi akses database, dimana setiap partisipan dapat melihat dan menampilkan informasi.

Departemen Sistem Informasi

Dalam sebuah departemen terdapat para spesialis seperti pemimpin proyek, programmer, analisis sistem dan manajer sistem informasi.

Programmer adalah seseorang yang bertugas menganalisis, menyusun, mengedit, menguji kumpulan bahasa pemrograman untuk kemudian menghasilkan sebuah program. 

Umumnya programmer terdiri dari 4 jenis yaitu, functional, operational, graphical, dan web-based dimana memiliki tujuan yang berbeda – beda. 

Chief Security Officer (CSO) bertanggung jawab dalam menjaga keamanan sistem informasi perusahaan dan memperkuat kebijakan informasi perusahaan. 

Pengguna akhir adalah posisi yang memungkinkan siapapun untuk membuat aplikasi yang dikembangkan.

Pengguna akhir merupakan perwakilan dari departemen diluar kelompok. 

Perkembangan teknologi sangat membantu dalam dunia kerja sebuah perusahaan misalnya dengan memperbaiki kinerja beberapa perusahaan dalam mengurangi biaya pengeluaran.

Dalam kesuksesan dalam penerapan e-business sangat dipengaruhi oleh penggunaan media internet, smartphone dan jaringan komputer.

Perkembangan teknologi informasi itu sendiri sangat mempengaruhi kemajuan e-business karena memiliki fungsi sebagai yang menjalankan dari model model bisnis baru yang dimungkinkan.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi menerapkan e-business perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan seperti aktivitas perusahaan akan berjalan sangat efektif dan efisien.

Prospek perkembangan e-business yang baik di Indonesia, dengan banyaknya masyarakat maupun perusahaan yang sudah mahir menggunakan internet merupakan peluang besar bagi perusahaan.

related articles

Electronic Journal Centralized (EJC)

Definisi EJ EJ adalah publikasi berulang yang dibentuk dalam.

Kriteria EJC

Kriteria Pemilihan EJ Electronic Journal atau EJ biasanya dibuat seperti.

ATM Monitoring

Hallo readers, kali ini kami akan membahas mengenai ATM.

Merchant Monitoring Management Solutions

Hallo readers, kali ini kami akan membahas mengenai.